Hubungan manusia dengan Tuhan

Posted: Maret 20, 2012 in Bahasa Indonesia

“Walaqod kholaqnal insana wana’lamu am tuwaswisu hihi nafsuhu. Wanahnun ilaihin min hablil warisd “ kami yang telah menciptakan manusia, kami mengetahui apa yang sedang berkecamuk atau sedang terlintas didalam jiwanya. Sebetulnya kami lebih dekat dengan manusia dari pada urat nadi lehernya sendiri.

Dalam konsep keimanan, bagi orang yang imannya baik, dapat berkomunikasi dengan Tuhannya, mereka disebut sebagai kelompok muqorrobin orang yang didekatkan dengan Tuhan.

Tidak semua manusia mampu mengadakan hubungan dengan Tuhan. Disini Islam memandang hubungan manusia dengan Tuhan mengikuti hukum relativisme. Artinya pesan Tuhan bisa diterima manusia sesuai dengan kecanggihan jiwa yang dimiliki masing–masing, kalau jiwa manusia disfungsional atau tertutup hati nuraninya, pesan Tuhan tidak mampu tertangkap. Sebaliknya jika jiwa manusia fungsional dan punya kelayakan, bukan saja mampu menangkap pesan dengan mudah, bahkan dia akan mampu mengikuti program – program di alam malakut.

Contohnya Nabi dan para Rosul, jika Allah sudah mencintai seorang hamba maka Allah akan menjadi kekuatan potensial dan sumber energi pada diri hambanya. Kekuatan Tuhan, rahmat Tuhan, dan pengetahuannya akan merasuki potensi manusia itu secara pribadi.

Tuhan mengatakan bahwa, “Apabila aku telah mencintainya maka pendengaranku akan menjadi pendengarannya, pandanganku akan merasuk ke dalam pandangannya untuk melihat, dan pengetahuanku mempengaruhi lisan yang ia gunakan untuk bicara, serta kekuatanku akan menjadi kekuatan potensial yang ia gunakan untuk melakukan tindakan”.

Salah satu konsep Tasawuf dalam Islam adalah tazkiyatun nufus atau pembersih jiwa, jika jiwa seseorang bersih maka kesadarannya akan menjadi tinggi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s